15 Tempat Wisata Kuliner Bandung Paling Favorit Dan Populer

Anda jangan takut tidak menemukan makanan lezat ketika sedang berkunjung ke Bandung. Sebab kota ini merupakan salah satu pusat kuliner terlengkap dan memiliki ragam variasi makanan unik. Masyarakat Bandung yang terkenal kreatif seakan ingin membuktikan bahwa inovasi yang mereka hasilkan bukan hanya dari segi seni atau fashion, tapi juga merambah bidang kuliner. Maka tak heran jika kita bisa dengan mudah menemukan tempat wisata kuliner Bandung di setiap sudut kota.

Pada artikel kali ini, kami siap menjawab kebutuhan Anda dalam menyuguhkan informasi seputar Wisata Kuliner Bandung. Di dalamnya memuat profil 15 tempat yang paling direkomendasikan untuk dikunjungi dan dicicipi ragam makanannya. Untuk penjelasan selengkapnya, mari simak uraian berikut ini.

Batagor Hanjuang

Lokasi: Jalan Astina, Cicendo, patokannya di seberang Rumah Makan Anugerah.
Jam Buka: Setiap hari pukul 07.00 hingga 16.00 WIB.
Harga: Sekitar Rp 20 ribu per porsi.

Wisata kuliner Bandung yang satu ini merupakan batagor yang sudah ada sejak era 1990-an. Mengingat usianya yang cukup tua, pelanggan akan terpuaskan dengan cita rasa originalnya. Di mana rasa daging ikan tenggirinya sangat mendominasi. Sajian Batagor Hanjuang makin lengkap dengan mi dan taburan bumbu kacang yang segar.

Nasi Kalong Bandung

Lokasi: Jalan R.E. Martadinata (Jalan Riau) Nomor 57, bersebelahan dengan Gereja HKBP Bandung.
Jam Buka: Setiap hari pukul 09.00-03.00 WIB.
Harga: Sekitar Rp 50 ribu-Rp 100 ribu per porsi.

Wisata kuliner Bandung yang satu ini cukup khas bukan hanya dari namanya, tapi juga karena cita rasa dan penampilannya. Kalong dalam bahasa sunda artinya kelelawar. Nama ini dipilih karena penampilan nasi yang berwarna hitam, dan jam buka kios yang dimulai pada malam hari dan tutup jelang dini hari. Ini persis seperti perilaku kalong yang memang aktif di malam hari.

Warna hitam pada nasi kalong berasal dari kluwek. Anda juga bisa memilih nasi merah jika tidak ingin nasi hitam. Nasi bisa disantap dengan sejumlah lauk khas bandung seperti tumis buncis bakar, ayam goreng madu dan aneka makanan lezat dan halal lainnya.

Iga Bakar Si Jangkung

Lokasi: Jalan Kejaksaan No 3 Kebon Kawung Bandung.
Jam Buka: Setiap hari mulai pukul 11.00-23.00 WIB.
Harga: Kisaran Rp 50 ribu per porsi.

Di tempat wisata kuliner Bandung yang sederhana ini, Anda bisa mendapatkan makanan istimewa sekelas menu restoran. Ketika dihidangkan, iga bakar diletakkan di atas piring tanah liat yang panas dalam kondisi daging yang sudah terpisah dari tulangnya. Sembari menyantap iga bakar, Anda bisa menyaksikan ragam pertunjukan musik di tempat ini.

Baca juga: 10 Jenis Kuliner Bandung Paling Enak Dan Murah

Warung Bu Eha

Lokasi: Jalan Pasar Cihapit (bagian dalam).
Jam Buka: Senin-Sabtu pukul 07.00-15.00 WIB.
Harga: Sekitar Rp 40 ribu per porsi.

Warung Bu Eha istimewa karena eksistensinya yang buka sejak 1947 hingga kini, serta sudah punya banyak pelanggan setia, termasuk dari keluarga Presiden Sukarno. Ragam menu khas sunda yang disajikan di tempat wisata kuliner Bandung legendaris ini di antaranya jengkol, ikan peda, perkedel, gepuk, urap, tahu dan tempe dan yang lainnya. Adapun menu favorit di Warung Bu Eha adalah sambel dadak.

Bakmi Apin

Lokasi: Jalan Sukajadi No 158 Bandung.
Jam buka: Setiap hari mulai pukul 08.30-20.00 WIB.
Harga: Sekitar Rp 50 ribu per porsi.

Bakmi memang biasa dijumpai di kawasan Bandung maupun daerah lainnya, tapi Bakmi Apin istimewa karena sajian ayamnya yang tidak disuwir, melainkan tersaji dalam bentuk bulir halus. Inovasi inilah yang membuat banyak orang menggemari Bakmi Apin, serta layak direkomendasikan untuk menjadi salah satu tempat wisata kuliner Bandung.

Cuanki Serayu

Lokasi: Jalan Serayu No 2 Bandung.
Jam buka: Setiap hari pukul 11.00 – 19.00 WIB.
Harga: Rp 17 ribu per porsi.

Ketika berkunjung ke Bandung, Anda akan mendapati banyak tukang Cuanki yang berjualan dengan cara ditanggung. Tapi di antara sekian banyak pedagang itu, Cuanki Serayu dinilai yang paling istimewa. Orang-orang bahkan rela antre demi menyantap semangkuk cuanki yang telah eksis sejak era 90-an ini.

Cuanki Serayu sekilas seperti Baso Malang, tapi tentu saja berbeda. Cita rasanya yang khas dan legendaris membuat siapa saja ketagihan untuk jajan cuanki di sini. Satu porsi cuanki berisi pangsit rebus, pangsit goreng, baso goreng, mi sagu dan tahu yang disiram dengan kuah kaldu.

Es Duren Pak Aip

Lokasi: Jalan Tubagus Ismail Raya No 5 Bandung.
Jam buka: Setiap hari pada pukul 08.00 – 20.00 WIB.
Harga: Sekitar Rp 30 ribu per porsi.

Setelah keliling Bandung tengah hari, suguhan es duren Pak Aip pastinya bisa jadi pengobat dahaga yang paling istimewa. Es duren legendaris yang sudah ada sejak 1987 ini punya ciri khas aromanya durennya yang sangat melekat dan terdiri dari banyak variasi rasa. Di antara rasa yang tersaji yakni original, durian alpukat, chocolava, lovelypink dan yang lainnya.

Nasi Goreng Mafia

Lokasi: Jalan Merdeka No 56 BIP Lantai 3 No 08 B Citarum Bandung Wetan.
Jam buka: setiap hari pukul 09.30 – 23.30 WIB.
Harga: Sekitar Rp 50 ribu per porsi.

Penggemar pedas yang sedang melancong ke Bandung sangat wajib untuk mencicipi nasi goreng yang satu ini. Rasa pedas bukan hanya didapatkan dari cabai, tapi juga dari 15 bumbu rahasia asli Indonesia, termasuk kencur. Nasi goreng gangster merupakan salah satu menu andalan di mana Anda akan merasakan sensasi garang sekaligus nikmat dari rasa pedas yang terasa.

Restoran Kehidupan

Lokasi: Jalan Pajajaran No. 63 Bandung.
Jam buka: Setiap hari pukul 06.00 – 22.00 WIB.
Harga: Sekitar Rp 50 ribu per porsi.

Restoran dengan nama unik ini menyediakan makanan khusus vegetarian, atau siapa saja yang ingin mencicipi nikmatnya aneka sajian berbahan dasar sayur. Jika pun Anda menemukan menu yang dinamai daging atau ayam, komposisinya justru berbahan dasar olahan jamur atau tepung. Restoran makin menarik karena tempatnya yang asyik untuk nongkrong, serta desain interiornya yang unik.

Warung Kopi Bapak Purnama

Lokasi: Jalan Alkateri No 22 Braga Sumur Bandung.
Jam buka: Setiap hari pukul 06.00 – 22.00 WIB.
Harga: Sekitar Rp 50 ribu per porsi.

Warung kopi ini istimewa karena sudah buka sejak 1930-an. Nama awal warung kopi ini adalah “Chang Chong Se”, lalu pada 1966 namanya diganti menjadi “Purnama”. Ketika Anda ngopi di lokasi wisata kuliner Bandung yang satu ini, selamat menikmati suguhan kopi lengkap dengan nuansa yang serba klasik. Anda juga bisa berburu menu sarapan di warung ini dengan memesan menu roti yang dioles selai srikaya.

Sudirman Street Bandung

Lokasi: Jalan Jenderal Sudirman Nomor 107 Karanganyar, Astanaanyar, Bandung.
Jam buka: Pukul 11.00 – 23.00 WIB.
Harga: Sekitar Rp10-50 ribu.

Bagi Anda yang ingin berburu makanan Bandung di malam hari, Anda bisa ke Sudirman Street Bandung. Di sini berkumpul banyak pedagang yang menjual ragam makanan dari mulai yang tradisional, oriental, makanan barat hingga menu lainnya yang sedang populer di Bandung.

Paskal Food Market

Lokasi: Jalan Pasir Kaliki No 25-27, Kelurahan Jeruk, Kecamatan Andir, Bandung.
Jam operasional: Buka pukul 10.00 – 23.30 WIB.
Harga: Sekitar Rp 16-50 ribu per porsi.

Selain di Sudirman Street Bandung, Anda bisa memilih wisata kuliner Bandung ini untuk berwisata kuliner sembari nongkrong asyik di malam hari. Ragam menu yang tersaji di sini cukup lengkap dari mulai makanan berat seperti nasi ayam dan nasi goreng, hingga ragam cemilan dan makanan penutup. Selain itu, pilihan harganya pun cukup variatif.

Miss Bee Providore

Lokasi: Jalan Rancabentang Nomor 11A, Ciumbuleuit, Kecamatan Cidadap Bandung.
Jam: buka pukul 07.00 – 22.00 WIB.
Harga: Dimulai dari Rp 19-160 ribu per porsi.

Mengusung konsep lokasi nyaman dan berkelas, Miss Bee Providore merupakan salah satu tempat wisata kuliner Bandung yang percaya diri menyuguhkan ragam menu seperti nasi goreng, pizza, sandwich, seafood dan yang lainnya. Meski makanannya enak dan tempatnya asyik untuk nongkrong, di sini harga yang ditawarkan relatif terjangkau.

Baca juga: Makan Puas di Jiganasuki Bandung – All You Can Eat!

Gormeteria

Lokasi: Jalan Pasir Kaliki Nomor 176, Kecamatan Cicendo Bandung.
Jam buka: Pukul 07.00 – 22.00 WIB.
Harga: Dimulai dari Rp 16-145 ribu.

Memasuki gedung Gormeteria, Anda akan benar-benar takjub dengan konsep café yang mewah, beragam dan out of the box. Bak oase di tengah gurun pasir, di sini Anda akan termanjakan dengan aneka kuliner lezat yang dibingkai desain interior super unik dan kreatif. dengan kata lain, Anda bisa makan sekaligus berfoto dengan latar belakang keren di sini.

Tafso Barn

Lokasi: Jalan Baru Laksana Nomor 75 Lembang Kabupaten Bandung Barat.
Jam buka: Pukul 08.00 – 22.00 WIB.
Harga: Rp 6 ribu-60 ribu.

Mau makan sambil menikmati panorama alam serta dikelilingi taman-taman tematik? Tafso Barn adalah jawabannya. Di sini Anda bisa memilih tempat paling asyik untuk makan karena banyak terdapat ragam kafe dengan konsep kreatif. Jangan lupa mengambil foto untuk mengabadikan pengalaman yang menyenangkan ketika berada di lokasi wisata kuliner Bandung yang satu ini.

Demikianlah artikel tentang tempat wisata kuliner Bandung yang paling direkomendasikan. Sudahkah Anda mengunjungi tempat-tempat keren ini?

(PP/2020)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *